Penulis / NIM
RESFIANTY SAID / 153412038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Resfianti Said. 2016. Deskripsi Perkembangan Prososial Anak Kelompok B Di TK Melati Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.SI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan prososial anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data penelitian yaitu berupa jawaban hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Sumber Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa Deskripsi perkembangan prososial anak diantaranya: a) Perkembangan prososial anak dalam hal menolong pada anak Kelompok B anak yang sudah mampu berjumlah 13 orang yang kurang mampu berjumlah 1 orang dan tidak mampu berjumlah 5 orang b) berbagi makanan kepada teman anak yang sudah mampu berjumlah 14 orang yang kurang mampu tidak ada dan yang tidak mampu berjumlah 5 orang c). kerja sama anak yang mampu berjumlah 14 orang (yang kurang mampu tidak ada dan yang tidak mampu berjumlah 5 orang d). jujur mengerjakan pekerjaan dengan jujur anak yang mampu berjumlah 14 orang dan yang kurang mampu tidak ada dan yang tidak mampu berjumlah 5 orang e). berderma anak yang sudah mampu berjumlah 12 orang yang kurang mampu 2 orang dan yang tidak mampu berjumlah 5 orang
Kata Kunci : Perilaku Prososial Anak
Download berkas