Penulis / NIM
RIFKA GIU / 153412043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
RIFKA GIU. 2016. Deskripsi perilaku tempertantrum kepada anak kelompok B TK negri pembina kecamatan sipatana kota gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " deskripsi perilaku tempertantrum pada anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan perilaku tempertantrum pada anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari 19 anak dapat di lihat dari empat indikator ;a).anak yang tidak memiliki perilaku tempertantrum terdapat 11 anak yang memmiliki perilaku memaki masi terdapat 2 orang anak b). perilaku anak yang suka memukul masi terdapat 3 orang anak.c) perilaku anak yang suka memecahkan barang dengan sengaja masi terdapat 2 orang anak d.) perilaku anak yang suka mengancam masi terdapat 1 orang anak.
Dari hasil penelitian di simpulkan bahwa perilaku tempertantrum anak kelompo B TK negeri pembina kecamtan sipatana kota gorontalo.di harapkan kepada seluruh pendidik agar kiranya dapat memperhatikan anak didik kita atau merangkul dengan baik agar tidak terbiasa perilaku yang tidak di inginkan dan mendidik anak dengan secara baik.
Kata Kunci : perilaku tempertantrum anak
Download berkas