Penulis / NIM
SRI OLHA PATILIMA / 153412051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK
SRI OLHA PATILIMA. 2017. Hubungan Interaksi Sosial dengan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us.Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan interaksi social dengan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional yakni mengkaji hubungan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara anak kelompok B.Penelitianiniterdiridariduavariabelyakni( variabel X )interaksisosialdan ( variabel Y )kemampuanberbicara.Populasi dalam penelitan ini berjumlah 41 orang dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier dan analisis koefisien korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan interaksi sosial dengan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo yang dibuktikan dengan nilai nilai thitung sebesar 11,058 dan nilai ttabel sebesar 1,697 pada = 0,05. Hal ini berarti semakin baik interaksi sosial makasemakin tinggi pula capaian kemampuan berbicara anak, atau sebaliknya.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Kemampuan Berbicara
Download berkas