SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLIA ARIESTANTYA ABDULLAH / 153412059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK FADLIA ARIESTANTYA ABDULLAH.2017. Dampak Pengunaan Gadget Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us.Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin SE.M.si Rumusan Masalah dalam penelitian ini bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Gadget dan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo.Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, jenis penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro dapat di simpulkan bahwa jika dilihat dari pedoman hasil observasi pada indikator pertama dampak positif dari penggunaan gadget pada anak.1) Anak mudah mendapatkan informasi melalui internet.2) Anak bisa berkomunikasi dengan orang lain atau dengan orang tuanya dengan menggunakan media sosial.3) Anak-anak dapat melatih kreativitasnya dalam permainan. Hal ini ditunjukan terdapat anak yang menggunakan gadget pada kegiatan tertentu, sehingga anak bisa melatih kreativitasnya melalui permainan yang ada dalam gadget dan bisa berkomunikasi dengan orang tua melalui media sosial. Dan indikator kedua dampak negatif penggunaan gadget.1) Penggunaan gadget dengan berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan anak. 2) Gadget dapat menghambat proses pembelajaran disekolah. Oleh sebab itu sebagian besar orang tua memberikan gadget dan tidak terlalu khawatir dengan dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus menerus seperti anak yang berlebihan menggunakan gadget bisa merusak indera penglihatan dan menyebabkan waktu istrahat anak yang dapat mempengaruhi kegiatannya, terutama aktivitasnya di sekolah. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dampak positif dan negatif pengunaan gadget pada anak terdapat 7 orang yang menggunakan gadget dan 8 orang yang tidak menggunakan gadget. Penggunaan gadget sebaiknya tidak di berikan pada anak di bawah usia 6 tahun, karena saat usia tersebut lebih baik di arahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas dilingkungan agar mudah bersosialisasi. Kata Kunci : Pengunaan Gadget Pada anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011