Penulis / NIM
ANI ULFARIDA / 153412061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Ani Ulfarida, 2016. NIM : 153 412 061. Pengembangan Media Pembelajaran Sains Dalam Bentuk Permainan Sulap Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Prodi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ruslin W Badu, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dapat mengembangkan kreativitas anak (2) apakah media pembelajaran sains yang dikembangkan dapat mengembangkan kreativitas anak di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Peneliti ini memiliki tujuan sebagai berikut : (1) untuk mengetahui media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dalam mengembangkan kreativitas anak, (2) menyusun media pembelajaran sains dalam mengembangkan kreativitas anak di SD laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, desain, devolpment (pengembangan), implimentation (implimentasi). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap devolopment (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, lembar validasi, serta studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru kelas dan respon anak terhadap media pembelajaran sains dalam bentuk permaianan sulap untuk mengembangkan kreativitas anak. adapun indikator karakteristik kreativitas yaitu : (1) mengemukakan pendapat atau ide-ide dengan lancar tentang air yang dipanaskan (2) kemampuan untuk menghasilkan berbagai ide atau karya yang asli hasil pemikiran sendiri (3) keuletan menghadapi rintangan dan kesabaran dalam menghadapi suatu situasi yang tidak menentu (4) senang bertanya (5) anak memiliki imajinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu desain pengembangan media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap untuk mengembangkan kreativitas anak memiliki kualitas sangat baik sehingga sangat layak digunakan dalam kegitan pembelajaran.
Kata Kunci : Media, Permainan, Kreativitas
Download berkas