Penulis / NIM
NI PUTU WIKA GUSTRIANI / 153412063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
NI PUTU WIKA GUSTRIANI. 2018.Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Pada Anak di kelompok B di TK kartini Desa Jatimulya Kecamatan Wonosari. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra.Rapi Us.Djuko,M.Pd, Pembimbing II: Nunung Suryana Jamin, SE.,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Sosial anak dikelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain true eksperiment design. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh data, dapat diketahui bahwa nilai tes awal pretest dan posttest homogenitas untuk kelas eksperimen dan kontrol yakni sebesar 0.027 yang berarti bahwa baik kelas eksperimen dan kontrol memiliki varians yang sama atau homogen dengan melebihi taraf signifikan sebesar 0,05. Selain itu dalam langkah pengujian hipotesis dengan uji T menggunakan independent sample test maka diperoleh hasil T hitung 29,627 dan T table sendiri yaitu 2,0639. Dengan membandingkan harga t hitung = 29,627> dari t tabel = 2,0639, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode bermain peran makro terhadap Perkembangan sosial pada anak kelompok B di Tk Kartini Desa Jatimulya Kecamatan Wonosari.
Kata Kunci : bermain peran makro, perkembangan sosial pada anak.
Download berkas