Penulis / NIM
OLAN DARISE / 153412067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Olan Darise, 2017 Peran Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Sains Pada Anak Kelompok B Di TK Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M,Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M,Pd
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagimana peran guru dalam mengembangkan pembelajaran sains pada anak kelompok B di TK Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengambarkan peran guru dalam mengembangkan pembelajaran sains pada anak kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif serta teknik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data adalah guru kelompok B di TK Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran sains pada anak kelompok B sudah optimal pada penelitian ini terdapat tiga peran guru yang menjadi indikator dalam penelitian yang pertama yaitu guru sebagai perencana, guru sebagai pelaksana, guru sebagai penilai. Ditemukan bahwa guru sebagai perencana yaitu guru menyiapkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan juga guru terlebih dahulu menyiapkan bahan ajar seperti RKH sehari sebelum guru melakukan kegiatan pembelajaran sains. Sedangkan guru sebagai pelaksana adalah guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran dari mulai melakukan kegiatan berdoa sampai kegiatan pembelajaran sains dan guru sebagai penilai yakni guru mengevaluasi tingkat kemampuan anak dalam kegiatan sains serta melakukan kegiatan menayakan pada anak tentang pembelajaran saisn yang sudah diajarkan sebelumnya. Kesimpulan penelitian ini bahwa peran guru dalam mengembangkan pembelajaran sains pada anak kelompok B sudah optimal.
Kata kunci : Peran Guru, pembelajaran sains
Download berkas