Penulis / NIM
DARNIANTI / 153412075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Darnianti. 2016. NIM. 153 412 075. Strategi Guru Dalam Membelajarkan Sains Permulaan Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Karang Citra Desa Lopo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru dalam membelajarkan sains permulaan pada anak usia 3-4 tahun. Tjuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam membelajarkan sains permulaan pada anak usia 3-4 tahun di Paud karang citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh data dari pendidik yang ada di paud karang citra serta orang tua peserta didik yang ada di desa lopo dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam membelajarkan sains permulaan pada anak usia 3-4 tahun di Paud Karang Citra Desa Lopo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo adalah belum sepenuhnya optimal dikarenakan kurangnya strategi mengajar guru smembuat peserta didik terlihat bosan dan jenuh akibatnya peserta didik lebih banyak diam dan tidak mengingat apa yang telah disampaikan oleh guru. sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam membelajarkan sains permulaan di paud karang citra belum sepenuhnya optimal untuk itu strategi belajar mengajar perlu diterapkan di sekolah. Dari hasil penelitian ini Sebaiknya guru memberikan media yang mendukung serta menggunakan strategi yang tepat dalam menunjang keberhasilan peserta didik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. salah satunya yaitu strategi bermain. Dalam strategi bermain ada tiga tahapan diantaranya yaitu 1) Tahap pra bermain 2) Tahap bermain 3) Tahap penutup. Dari ketiga tahapan strategi ini sangat tepat digunakan dalam proses pembelajaran sains, karena strategi ini dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik, kognitif, afektif, dan sosial peserta didik.
Kata kunci: Strategi Guru, Membelajarkan Sains
Download berkas