Penulis / NIM
FERAWATI KOBANDAHA / 153412077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Ferawati Kobandaha, Nim. 151 412 177. Pendekatan Pembelajaran Saintifik di Sentra Alam pada Anak Kelompok B di TK Islam Amitumuhu Kec. Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2018. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran saintifik di sentra alam pada anak kelompok B di TK Islam Amitumuhu Kec. Hulonthalangi Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sedangkan teknik penulisan dilakukan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian dalam kegiatan pendekatan pembelajaran, guru sudah mengoptimalkan kemampuan dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran guna menunjang kegiatan pembelajaran, guru menyiapkan berbagai alat peraga yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sebelum kegiatan dimulai. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan pembelajaran yang telah disusun melalui perangkat pembelajaran yang dimulai dari Program Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kesimpulan penelitian bahwa dalam pendekatan pembelajaran saintifik di sentra alam sangat menuntut kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pengelolaan penyusunan perangkat yang cukup baik, ketersediaan alat peraga penunjang pembelajaran terutama merupakan hal yang penting guna memperoleh hasil pembelajaran yang baik dan maksimal.
Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Saintifik
Download berkas