Penulis / NIM
SUSANTI DUNGGIO / 153412082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
SUSANTI DUNGGIO, 2016 . Deskripsi Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Perwati Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Bapak Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah " Bagaimana Gambaran Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Perwati Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kecerdasan emosional anak di TK Perwati Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun di TK Perwati Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, masih kurang dariyang diharapkan. Dilihat dari segi prestasi yang dicapai. Dari 17 (tujuh belas) jumlah anak yang mampu menunjukan kecerdasan emosional anak hanya ada 12 anak. Sedangkan 5 anak lainnya masih belum mampu menunjukan adanya kecerdasan tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan emosional anak di TK Perwati masih kurang diterapkan. Pembelajaran yang dilakukan lebih banyak secara bersamaan atau perkelompok dan lebih terarah kebidang akademis. Kreatifitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak serta komunikasi antara guru dan orang tua masih perlu ditingkatkan lagi. Pada dasarnya semua anak dapat mengembangkan kecerdasan sampai tingkat penguasaannya yang apabila ia memperoleh cukup dukungan, pengayaan dan pengajaran.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Anak
Download berkas