Penulis / NIM
NURZEIN S. ANWAR / 153412088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Nurzein S Anwar.2016.Strategi Pemanfaatan Media Puzzle Sederhana pada anak usia 2-3 tahun di Paud Karang Citra Desa Lopo Kecamatan Batudaa Pantai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. SetiyoUtoyo, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalahuntukmengetahuistrategipemanfaatan media puzzlesederhanapadaanakusia 2-3 tahun di PAUD Karang Citra.Metode penelitianyang digunakan yaitu; Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan
pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran yaitu, pendidik belum optimal memanfaatkan puzzle sederhana sebagai media pembelajaran hal ini diperkuat dengan hasil wawancara yang diadakan dengan pendidik yang mengajar disekolah tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemanfaatan media puzzle disekolah Paud Karang Citra belum optimal dan perlu ditingkatkan karena kurangnya strategi pendidik dalam memanfaatkan media puzzle yang tersedia. Adapun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belum optimalnya pendidik dalam mengajar menggunakan puzzle sebagai media pada pembelajaran di Paud Karang Citra sebagai berikut: 1) Fasilitas yang terbatas menyebabkan kurangnya Perhatian pendidik dalam memanfaatkan puzzle sederhana, 2)Media yang dipakai dalam pembelajaran terlalu menoton, 3) Kurangnya pembelajaran interaktif dalam menyampaikan tema/subtema.
Kata Kunci :Strategi, Media Puzzle
Download berkas