Penulis / NIM
LISNAWATI PAKAYA / 153412091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK
Lisnawati Pakaya. 2016 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Musikal Pada Anak Kelompok B di TK Sains Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan musikal anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data penelitian yaitu berupa jawaban hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan peneliti. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu kepala sekolah guru-guru. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan musikal anak yaitu Faktor Internal dan Eksternal. Berdasarkan hasil wawancara bersama Kepala TK Sains al-irsyad al-islamiyyah dan Guru kelas Kelompok B serta orang tua dapat diketahui bahwa Yaitu Faktor Internalnya yang 47% dipengaruhi oleh Genetik terutama ibu. Serta 67% yang dipengaruhi oleh Bakat memainkan alat musik perkusi yang dimiliki anak. Sedangkan pada faktor eksternalnya yaitu dipengaruhi oleh 73% dari lingkungan kelurga, terutama keluarga inti, 100% dipengaruhi oleh guru dalam menstimulasi perkembangan anak melalui kegiatan musikal secara klasikal dan 20% dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat yang mengadakan kegiatan hari-hari besar nasional. Faktor-faktor inilah yang mempengaruhi kecerdasan musikal anak terutama dalam memainkan alat musik perkusi.
Kata kunci : kecerdasan, musikal, alat musik perkusi, anak
Download berkas