Penulis / NIM
MISRAWATY R. YUNUS / 153412095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Misrawaty R. Yunus, 2014. Meningkatkan Kemampuan berbicara Anak melalui Main Peran Makro pada Anak kdompok B TK Mustika Srikandi Kecamatan Pimogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK diketahui dari hasil observasi pertama ditemukan bahwa pada kelompok B, hanya terdapat 6 anak atau 25% yang mampu, sedangkangkan 17 anak atau 75% masih belum mampu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan 2 siklus.Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Sebagai indikator kinerja telah ditetapkan yakni apabila 80% anak telah mampu dalam berbicara. Hasil siklus 1 adalah 10 anak atau 43% anak telah mampu berbicara dan 13 anak atau 57% anak yang belum mampu berbicara. Siklus 2 adalah 19 anak atau 81% anak mampu dalam berbicara dan 4 anak atau 19% belum mampu berbicara. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode bermain peran makro jelas meningkatkan kemampuan berbicara anak Di Kelompok B TK Mustika Srikandi Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci : Kemampuan, Berbicara, Bermain Peran Makro
Download berkas