Penulis / NIM
ELWIN KARIM / 153412100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK
Elwin Karim, 2016. Meningkatkan Pengenalan Angka Melalui Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok A di Paud Al-Muniir Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Usman Samatowa, Ph.D. Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Masalah penelitian ini adalah "Apakah pengenalan angka pada anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pengenalan angka melalui metode pemberian tugas pada anak kelompok A di Paud Al-muniir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus.Sasaran tindakan sebanyak 20 orang anak. Alat pengumpul adalah observasi. Data dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan data observasi awal dari 20 orang anak terdapat 4 orang anak (20%) yang mampu mengenal angka. Setelah dilakukan tindakan (metode pemberian tugas) pada siklus I anak yang mampu mengenal angka mengalami peningkatan menjadi12 orang (60%). Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 16 orang (80%).
Simpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas, kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A Paud Al-muniir desa Tunggulon Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, dapat ditingkatkan. Karena itu maka dalam pembelajaran mengenal angka, pendidik diharapkan menerapkan metode pemberian tugas.
Kata kunci : Pengenalan angka, metode pemberian tugas.
Download berkas