Penulis / NIM
TRI HANDAYANI / 153412102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Tri Handayani, 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Balok pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pemanfaatan alat permainan edukatif balok pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Balok pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan alat permainan edukatif balok pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Bone Bolango terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal meliputi; faktor perkembangan motorik halus pada anak dan faktor kecerdasan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari; faktor lingkungan yang terdiri dari sekolah (Guru) dan Keluarga (orang tua). Saran: Kepada para pendidik diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya di dalam mengenal dan memahami aplikasi alat permainan edukatif khususnya balok, agar dapat mengimplementasikan alat permainan tersebut bagi tumbuh kembangkan anak secara optimal.
Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Balok
Download berkas