Penulis / NIM
ELPIN ABDULKADIR / 153412103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
ELPIN ABDULKADIR. 2014. Meningkatkan Kecerdsan Kinestetik Melalui Ceria Dua Di Kelompok B TK Negeri Pembina Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes, pembimbing II Pupung Puspa Ardini, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan kinestetik anak kelompok B yakni dari jumlah 22 anak hanya 5 anak atau 22,73 yang mampu sisa yakni 17 anak masih perlu distimulasi dalam hal kecerdasan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui senam ceria dua di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo dengan indikator keberhasilan yakni 80% anak kelompok B memiliki kecerdasan kinestetik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reset). Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Siklus I adalah anak yang mampu 36.36%, kurang mampu 31.82% dan tidak mampu 31.82%. Siklus II adalah anak yang mampu 81.82%, kurang mampu 18.18% dan tidak mampu 0%. Data ini menunjukkan bahwa indikator kinerja yakni 80% telah tercapai bahkan terlampaui.
Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kegiatan senam ceria dua dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan simpulan dapat disarankan bahwa para guru atau teman sejawat dapat menggunakan kegiatan senam ceria dua sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak TK.
Kata kunci : Kecerdasan, kinestetik, senam ceria dua
Download berkas