Penulis / NIM
MARYAM HAMSAH / 153412105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Hamsah, 2016, Peningkatan Interaksi Sosial Anak Kelompok B Melalui Metode Simulasi Di Paud Kiddie Care Kota Gorontalo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni Apakah metode simulasi dapat meningkatkan interaksi sosial anak kelompok B Paud Kiddie Care Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan interaksi sosial anak kelompok B melalui metode simulasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat tahap kegiatan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan observasi serta tahap analisis dan refleksi. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan observasi awal 30% atau 6 orang anak sudah mampu berinteraksi sosial, 70% atau 14 orang anak yang kemampuan interaksi sosialnya masih rendah. Pada siklus I, terjadi peningkatan kemampuan berinteraksi sosial dengan ditandai berkurangnya jumlah anak yang termasuk kategori tidak mampu yakni 40% atau 8 orang anak, kategori kurang mampu menjadi 15% atau 3 orang anak, sedangkan pada kategori mampu, meningkat menjadi 45% atau 9 anak. Pada siklus II, pemberian tindakan yang dilakukan, telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni sebesar 75% atau 15 orang anak yang berada pada kategori mampu, sedangkan sebesar 20% dan 5% atau 4 orang dan 1 orang anak yang berada pada kategori kurang mampu dan tidak mampu.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Metode Simulasi
Download berkas