Penulis / NIM
MARIA RESTI ABD. MAJID / 153413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Maria Resti Abd. Majid . 2018. Deskripsi Perkembangan Kognitif Dalam Pengenalan Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kihajar Dewantara V Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah perkembangan kognitif dalam pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Kihajar Dewantara V Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif dalam pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Kihajar Dewantara V Kota Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif dalam pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Kihajar Dewantara V Kota Gorontalo menunjukan hasil yang baik dilihat dari indikator menyebut terdapat 14 anak (78%) yang mampu dan 4 anak (22%) yang belum mampu, mengklasifikasi terdapat 15 anak (83%) yang mampu dan 3 anak (17%) yang belum mampu, membedakan terdapat 14 anak (78%) yang mampu dan 4 anak (22%) yang belum mampu dan menghitung terdapat 17 anak (94%) yang mampu dan 1 orang anak (6%) yang belum mampu dalam mengenal warna.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perkembangan kognitif dalam pengenalan warna pada anak usia 5-6 Tahun di TK Kihajar Dewantara V Kota Gorontalo sudah sesuai dengan yang diharapkan dimana anak telah mampu memunculkan indikator dari pengenalan warna.
Kata Kunci : Perkembangan Kognitif, Pengenalan Warna.
Download berkas