Penulis / NIM
SERLIN OLII / 153413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Olii, 2017. Manfaat Penerapan Media Maze Dalam Pembelajaran Anak Kelompok B Di TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni "Bagaimana Manfaat Penerapan Media Maze Dalam Pembelajaran Anak Kelompok B Di TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat penerapan media maze dalam pembelajaran anak kelompok B di Tk Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media maze dalam pembelajaran kelompok B Tk Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, sudah sesuai dengan indikator yang diharapkan guru telah mampu merancang media yang digunakan untuk anak. anak yang sudah mampu dalam menjalankan lajur-lajur pada media maze terdapat 11 anak sedangkan 5 anak kurang mamapu menjalankan lajur-lajur pada media maze.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa manfaat penerapan media maze dalam pembelajaran anak kelompok B sudah dijalankan dengan baik. Dapat dilihat dari segi penerapan yang di lakukan guru pada anak. Dari 16 anak di kelompok B, yang mampu berdasarkan indikator media maze terdapat 11 anak sedangkan 5 anak lainnya belum mampu menggunakan media maze atau menjalankan lajur-lajur pada media maze.
Kata Kunci : Penerapan Media Maze, Pembelajaran Anak
Download berkas