Penulis / NIM
MARYAM HARMONIS / 153413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
MARYAM HARMONIS, 2017. Deskripsi Permainan Petak Umpet Pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah permainan petakumpet pada anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecematan Suwawa Kabupaten Bone Bolango ? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan petakumpet pada anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa deskripsi permainan petak umpet pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Suwawa baik. Hal tersebut berdasarkan indikator dari permainan petak umpet yakni penjaga, tempat/tiang penjaga, penjaga menutup mata, pemain mencari tempat bersembunyi, dan penjaga melakukan pencarian. 1) indikator penjaga 11 anak mampu menjadi penjaga dan 7 anak belum mampu karena saat anak tidak menemukan temannya yang bersembunyi anak mulai bosan menjadi penjaga, 2) indikator tempat/tiang penjaga semua anak mampu karena sebelum bermain anak - anak menentukan bersama tempat/tiang penjaga yang akan dipakai, 3) indikator penjaga menutup mata 15 anak mampu dan 3 anak belum mampu karena anak takut kegelapan sehingga anak sering membuka mata, 4) indikator pemain mencari tempat bersembunyi 12 anak mampu dan 6 anak belum mampu karena anak bingung mencari tempat bersembunyi, dan 5) indikator penjaga melakukan pencarian 7 anak mampu dan 11 anak belum mampu karena anak lebih senang bersembunyi daripada menjadi pencari dan anak cepat bosan karena anak tidak menemukan temannya yang bersembunyi ditempat yang sulit dicari.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 18 anak yang ada dikelompok B, berdasarkan indikator permainan petak umpet terdapat 5 anak yang belum mampu berdasarkan keseluruh indikator permainan petak umpet. Sedangkan 13 anak lainnya sudah mampu berdasarkan indikator dari permainan petak umpet.
Kata Kunci : Permainan, Petak Umpet.
Download berkas