Penulis / NIM
SHEREN MERIYANTI BONE / 153413021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Sheren Meriyanti Bone. 2017. Deskripsi Kecerdasan Sosial Anak Kelompok B di TK Mawar Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummysalam, A.T.A. Duludu, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd. M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kecerdasan sosial anak kelompok B di TK Mawar Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial anak kelompok B di TK Mawar Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan sosial anak kelompok B di TK Mawar Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango masih kurang dari yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari segi kecerdasan yang dicapai oleh anak berdasarkan indikator kecerdasan sosial. Dari 15 anak yang mampu menunjukan kecerdasan sosial anak hanya 4 anak sedangkan 11 anak lainnya masih belum mampu menunjukan kecerdasan sosial anak.
Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan sosial anak kelompok B di TK Mawar Desa Toto Utara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango masih kurang sebab masih sebagian besar anak belum memiliki kecerdasan sosial.
Kata Kunci : Kecerdasan, Sosial Anak
Download berkas