SKRIPSI

Penulis / NIM
SUCIANTI IMAM / 153413027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK Sucianti Imam. 2017. Implementasi Pembelajaran Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok A Di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D, dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd. Dalam proses pembelajran Pendidikan Anak Usia Dini lebih mengutamakan kegiatan bermain sambil belajar. Karena hal tersebut sesuai dengan Aspek Psikologi dan perkembamngan Anak Usia Dini salah satu permaina yang digemari permainan bermain peran, namun dalam implementasinya banyak anak belum mampu melakukan bermain peran secara maksimal, karena itu masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi bermain peran makro pada anak kelompok A di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bermain peran makro pada anak kelompok A di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo.Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa bermain peran telah dilaksanakan secara efektif memberikan manfaat bagi mental, sosial dan emosisonal anak. Pembelajaran bermain peran makro sangat bermanfaat bagi kecerdasan sosial anak.Meningkatkan kemampuan sosial anak dipengaruhi oleh cara anak dalam memainkan peran serta berkomunikasi secara efektif sehingga anak terbiasa memiliki rasa percaya diri untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kesimpulan bahwa impementasi pembelajaran bermain peran makro membutuhkan peran serta guru secara aktif dalam mengembangkan dan mendesain tema bermain peran makro degan memanfaatkan media permainan yang aktif sehingga anak termotivasi dalam belajar dan mampu mencapai prestasi prestasi dan perkembangan secara optimal. Diharapkan kepada semua pihak diantaranya kepala sekolah,guru dan masyarakat sebagai orang tua siswa serta pemerintah daerah selaku kebijakan untuk meningkatakan peran serta dalam memberikan dukungan terhadap pengadaan media bermain peran agar anak merasa termotivasi untuk belajar. Kata kunci : Implementsi,bermain peran, makro.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011