SKRIPSI

Penulis / NIM
DINNI EKA PUTRI IMBAN / 153413028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Dinni Eka Putri Imban, 2017. Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A Di TK Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi berkembang sejalan dengan fisik dan mental anak. Pembelajaran ini biasanya ditunjukkan dalam aktivitas bermain seperti bermain dengan menggunakan alat permainan. Anak menggunakan alat permainan dengan emosi yang menyertainya. Alat permainan edukatif merupakan serangkaian alat yang digunakan untuk meningkatkan fungsi kognitif, sosial emosional dan spiritual anak, sehingga muncul kecerdasan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis adanya Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Kelompok A. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa terdapat pengaruh alat permainan edukatif (APE) terhadap kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun, yang dibuktikan dengan dengan uji normalitas pretest yaitu X2hitung sebesar 3,61 dan untuk nilai X2tabel sebesar 7,815. Pengujian normalitas data posttest diperoleh nilai X2hitung sebesar 3,61 dan untuk nilai X2tabel sebesar 7,815. Data berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata data Pretest yang diperoleh adalah 43,85 dan nilai rata-rata data Posttest yang diperoleh adalah 73,55. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis yang menggunakan rumus uji statistik diperoleh rata-rata hasil kecerdasan emosional diperoleh nilai thitung sebesar -4,36 dan nilai ttabel sebesar 2,093. Perbedaan kecerdasan emosional antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni ' = 0,05. Kesimpulannya, yaitu hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh alat permainan edukatif terhadap kecerdasan emosional anak Kelompok A dapat diuji kebenarannya. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Alat permainan Edukatif (APE)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011