Penulis / NIM
MARTINA NAFRATILOVA ABSAR / 153413030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Martina Nafratilova Absar, NIM. 153413030. 2015. Deskripsi Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B di TK Purnama Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Samsiah, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Nunung Suryana Jamin SE, M.Psi.
Permasalahan kurangnya kemampuan berbicara pada anak, adapun Sedikit perhatian guru terhadap perkembangan kemampuan bicara anak. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu faktor Apa saja yang mempengaruhi perkembangan kemampuan bicara bagi anak kelompok B di TK Ade Irma Desa Berlian Kabupaten Bone Bolango?tujuan pada penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan bicara bagi anak di TK Ade Irma Desa Berlian Kabupaten Bone Bolango.
Metode digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Bicara Anak Kelompok B Di TK Ade Irma Desa Berlian Kabupaten Bone Bolangomeliputi indikator kebahasaan: pengucapan vokal, pengucapan konsonan, pilihan kata, pilihan ungkapan, variasi kata. Non kebahasaan: kelancaran, kenyaringan suara, pandangan mata, gerak gerik dan mimik, penguasaan topik.
Kesimpulan Bahwa faktor yang mempengaruhi kemapuan berbicara pada anak yaitu kelancaran berbicara anak, anak tidak percaya diri, kurangnya keberanian, malu dan ragu untuk menyampaikan apa yang menjadi gagasannya. Untuk dapat mengembangkan kemampuan berbicara yang dilakukan adalah permainan kancing huruf, anak mencari kancing huruf sesuai kartu huruf yang diperolehnya. Bermain peran dengan memerankan tokoh yang ada, kegiatan bernyanyi, melalui latihan pengucapan dan pelafalan kata, dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara Anak
Download berkas