Penulis / NIM
WAHYUNI KOHONGIA / 153413037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni Kohongia. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Maligugu, Desa Tomoagu, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Program Studi S1 PG-PAUD Jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berbicara anak di TK Maligugu Desa Tomoagu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pengambilan data secara klasikal atau langsung pada objek yang diteliti.
Hasil Penelitian dengan beberapa kesimpulan yaitu; 1). Hasil r hitung dari pola asuh otoriter yaitu -0,259. 2). pola asuh demokratis dengan nilai r hitung 0,097. 3). Pola asuh permisif dengan nilai r hitung -0,079. 4). Adapun hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan kemampuan berbicara Anak menunjukan kecenderungan adanya hubungan yang terlihat dari hasil analisis korelasi dari masing-masing pola asuh. hasil analisis tersebut diinterprestasikan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan positif antara pola asuh dengan kemampuan berbicara anak. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif antara variable X (otoriter dan permisif) dengan variable Y ditolak. Ini berarti terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pola asuh otoriter dan permisif Orang Tua dengan kemampuan berbicara Anak usia 5-6 tahun di TK Maligugu. Dan hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan positif antara variable X (pola asuh demokratis) dengan variable Y diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Maligugu
Kata kunci : Pola Asuh, Kemampuan Berbicara
Download berkas