Penulis / NIM
SRI LILIYANTI BUHAR / 153413038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Sri Liliyanti Buhar, 153 413 038. Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok A di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto, Skripsi Program Studi S1 PG PAUD Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kecerdasan visual spasial Kelompok A di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kecerdasan visual spasial Kelompok A di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan studi dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok A Di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dilihat dari lima indikator, Memperhatikan gambar, Mengenal Geometri, Bermain Balok, Mengenal Warna, dan Bermain Puzzle. Indikator yang paling menonjol adalah mengenal warna pada indikator mengenal warna di PAUD Menara Ilmu Limboto anak terbilang cukup baik yaitu sebesar 73%. Tetapi ada juga indikator yang dibawah rata-rata yaitu indikator memperhatikan gambar dan bermain puzzle 34% dan tingkat rendahnya sebesar 60%, selanjutnya indikator bermain balok dengan tingkat kerendahan sebesar 53% dan tingkat kemampuan sebesar 47% dan indikator terakhir yaitu indikator mengenal bentuk geometri 56% dan tingkat kemampuan sebesar 44%. Hal ini menunjukan bahwa guru sudah optimal dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak kelompok A di Paud Menara Ilmu Kecamatan Limboto.
Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial Anak
Download berkas