Penulis / NIM
ILMIYAWATI PODOMI / 153413039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Ilmiyawati Podomi, 2017. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Belajar Pada Anak Kelompok B Di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab perilaku tidak disiplin belajar pada anak kelompok B di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku tidak disiplin belajar pada anak kelompok B di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab perilaku tidak disiplin belajar pada anak kelompok B di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dapat dideskripsikan melalui dua faktor yaitu faktor internal; pendengaran, penglihatan, kurang gizi, kurang tidur. Dan faktor eksternal; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi disiplin belajar anak. Berhasil tidaknya anak dalam belajar sangat ditentukan oleh kedisiplinan anak itu sendiri dalam belajar. Untuk itu diharapkan kepada seluruh pihak yang terkait agar lebih memperhatikan dan memberikan pendidikan yang layak kepada anak demi penerus bangsa yang cerdas dan bertanggung jawab.
Kata Kunci: Perilaku, Tidak Disiplin Belajar
Download berkas