Penulis / NIM
HARIYATI MAMONTO / 153413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Hariyati Mamonto. 2018. Hubungan antara Penggunaan Media Audio Visual dengan Kemampuan Sains pada Anak di PAUD Menara Ilmu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara penggunaan media audio visual dengan kemampuan sains pada anak di PAUD Menara Ilmu Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media audio visual dengan kemampuan sains pada anak di PAUD Menara Ilmu Kabupaten Gorontalo.
Untuk memperoleh hasil penelitian terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di PAUD Menara Ilmu Kabupaten Gorontalo. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual mempunyai hubungan positif dengan kemampuan sains anak di PAUD Menara Ilmu Kabupaten Gorontalo. Hal ini didasarkan pada hasil pengujian hipotesis, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,0967 dengan korelasi determinasi r2 = 0,94% dengan tingkat keeratan hubungan "sangat berarti".
Kata Kunci: Penggunaan media audiovisual, kemampuan sains. PAUD.
Download berkas