Penulis / NIM
SRI MAYA LAMANGGA / 153413051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Sri Maya Lamangga, 2018. Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Media Kartu kata Bergambar di TK Abdi Jaya I Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd.
fokus masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang memperhatikan tahapan kegiatan membaca permulaan, hasil belajar anak dalam memahami dan menunjukkan bahasa reseptif dan ekspresif, guru kurang kreatif memilih media pembelajaran, pembelajaran kurang efektif. Karena itu rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar di TK Abdi Jaya I Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar di TK Abdi Jaya I Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo melalui pendekatan penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar di TK Abdi Jaya I Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, sudah sesuai dengan prosedur ataupun langkah-langkah guru dalam mengimplementasi pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar meliputi: tahap perencanaan guru merumuskan identitas mata pelajaran (tema/subtema), merumuskan kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan, merumuskan skenario pembelajaran (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), menentukan alat dan media yang digunakan, melakukan penilaian dan tindak lanjut. Dengan demikian, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca permulaan melalui media kartu kata mampu menstimulus kemampuan anak dalam memahami dan menunjukkan kemampuan membaca dan menyimak bahasa reseptif maupun ekspresif.
Kata Kunci :Kemampuan membaca permulaan, Kartu kata bergambar
Download berkas