Penulis / NIM
HASNA / 153413058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Hasna. 2018. Deskripsi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Sopan Santun Anak Kelompok B di TK Asmaul Husna Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun anak kelompok B di TK Asmaul Husna Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.? Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun anak kelompok B di TK Asmaul Husna Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun anak kelompok B di TK Asmaul Husna Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo menunjukan hasil yang baik dilihat dari indikator pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral dan perbuatan moral. Hal ini didukung dengan hasil pengamatan yang menunjukan bahwa dari 19 anak yang ada dikelompok B, yang mampu berdasarkan indikator pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun terdapat 16 anak (84%), sedangkan 3 anak (16%) lainnya belum memiliki karakter sopan santun. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni bahwa pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun anak kelompok B di TK Asmaul Husna Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo sudah sesuai dengan yang diharapkan dimana sebagian besar anak sudah memunculkan indikator dari pendidikan karakter sopan santun.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Sopan Santun
Download berkas