Penulis / NIM
ARIYATI BAILI / 153413059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Ariyati Baili, 2018 Deskripsi Perkembangan Menyimak Pada Anak Kelompok A Di Tk Negeri Pembina Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi ,Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I Drs. Yakob Napu M.Pd, dan Pembibing II Dra. Rapi Us Djuko M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan menyimak pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan perkembangan menyimak pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah mampu menceritakan kembali cerita yang didengar secara sederhana, menjawab pertanyaan sederhana, mengulang kalimat sederhana dan menyebutkan kembali kata-kata yang baru didengar serta teknik pengumpulan data adalah observasi,angket dan dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh anak kelas A di TK Negeri Pembina Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada indikator indikator menceritakan kembali cerita yang didengar secara sederhana mencapai rata-rata 36%, menjawab pertanyaan sederhana mencapai rata-rata 32%, mengulang kalimat sederhana mencapai rata-rata 37%, dan menyebutkan kembali kata-kata yang baru didengar mencapai rata-rata 39%.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni kemampuan menyimak anak kelas A di TK Negeri Pembina Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Kota sudah mencapai kriteria mampu dengan rata-rata 80%.
Kata Kunci : Menyimak Anak Kelompok A
Download berkas