Penulis / NIM
INDRIA NANI / 153413064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Indria Nani. 2018. Deskripsi Perkembangan Kreativitas Anak Mewarnai Gambar di Taman Kanak-kanak Iloheluma Kelompok B Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana gambaran perkembangan kreativitas anak mewarnai gambar di Taman Kanak-kanak Iloheluma Kelompok B Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango?Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas anak mewarnai gambar di Taman Kanak-kanak Iloheluma Kelompok B Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango.
Untuk memperolehhasil penelitian terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan pendidik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaperkembangan kreativitas anak mewarnai gambar di Taman Kanak-kanak Iloheluma Kelompok B Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila Kabupaten Bonebolango dariaspek kelancaran dalam melahirkan ide-ide atau gagasan dalam mewarnai gambar secara unik dan kreatif, kelenturan anak dalam mengekspresikan sebuah gagasan atau ide kreatifnya dalam mewarnai gambar, keaslian atau originalitas anak dalam meciptakan hasil warna gambar yang menarik dan dikerjakannya sendiri (mandiri), dan keterperincian atau ketepatan anak dalam menghasilkan karya atau hasil warna gambar yang unik dan terampil menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari jumlah 16 anak, yang termasuk dalam kategori baik mencapai 5 anak atau mencapai 31,25%, kategori cukup 7 anak atau 43,75% dan yang termasuk pada kategori kurang yakni 4 anak atau 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari indikator yang di observasi, masih ditemukan 4 anak dari 16 anak masih kurang mampu dalam kreativitas mewarnai gambar.
Kata kunci: Kreativitas, mewarnai gambar, TK.
Download berkas