Penulis / NIM
RISMAWATI H. PARAMATA / 153413067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Rismawati H. Paramata, 2018. Hubungan Bermain Puzzle Dengan Kemandirian Anak Kelompok B Di Pusat Paud Islam Terpadu Lukmanul Hakim Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons. (II) Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada hubungan positif antara bermain puzzle dengan kemandirian anak kelompok B di PPAUD IT Lukmanul Hakim Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan bermain puzzle dengan kemandirian anak kelompok B di PPAUD IT Lukmanul Hakim Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sedangkan yang menjadi sampel penlitian ini sebanyak 1 (satu) kelas dengan jumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji validitas yaitu korelasi Product Moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara bermain puzzle dengan kemandirian anak kelompok B di PPAUD IT Lukmanul Hakim dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,997. Sedangkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung =4.487 > 1.72 atau dengan kata lain nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara bermain puzzle dengan kemandirian anak kelompok B PPAUD IT Lukmanul Hakim Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Bermain Puzzle, Kemandirian Anak.
Download berkas