Penulis / NIM
ZURIATY MOZIN / 153413071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Zuriyati Mozin. Nim 153413075. Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Mengenal Huruf Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak KelompokA di TK Aster KelurahanMolosipat W Kecamatan Kota Barat SkripsiJurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI Samsiah, S.Pd, M.Pd. danPembimbing II Dr Setyo Utoyo, M.Pd
Perumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca dalam mengenal Huruf melalui metode bernyanyiPada Anak Kelompok A di TK Aster KelurahanMolosipat W Kecamatan Kota Barat. Tujuan Penelitian Ini Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca DalamMengenalHurufMelaluiMetodeBernyanyi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, prosedur yang digunakan dalam penelitian yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, tahap observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.
Berdasarkan Hasil penelitian Dilihat dari hasil observasi awal dari 20 anak hanya ada 6 anak yang mampuatau 30% huruf yang dikenal oleh anak, dan ada beberapa huruf yang masih sulit dibedakan oleh anak yakni huruf b-d, h-n, m-w, u-n, l-i, m-n, p-qsetelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 13 anak atau 65% anak yang sudah memiliki kemampuan mengenal huruf dengan baik yakni anak mulai mampu membedakan huruf, mengenal simbol,kemudian dilanjutkan ke siklus II meningkat lagi dari 20 anak menjadi 19 anak atau 95% memiliki kemampuan mengenal simbol, meniru dan mengucap huruf. Dan untuk 1 orang anak yang belum mampu akan dilakukan remedial atau pengulangan.
Kata Kunci :Mengenal Huruf & Metode Bernyanyi
Download berkas