Penulis / NIM
IRAMAYA USMAN / 153413075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Iramaya Usman. Nim 153413075. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B di TK Al-Azhar Desa Hulawa Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo Skripsi Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Abdul Hamid Isa, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak keompok B TK Al-Azhar Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo melalui permainan puzzle dapat meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatan kemampuan kognitif melalui permainan Puzzle pada anak kelompok B. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang bertempat di TK Al-Azhar dengan subjek 20 anak, prosedur yang digunakan dalam penelitian yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, tahap observasi, refleksi dilakukan dengan dua siklus.
Hasil penelitian Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan kognitif menjadi 11 orang anak (55%). Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 kembali terjadi peningkatan menjadi 12 orang atau 60% dari 20 orang anak yang memiliki kemampuan kognitif Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 15 orang (75%), siklus II pertemuan 2 menjadi 18 orang atau (90%) anak mengalami peningkatan kognitif melalui permainan puzzle.
Berdasarkan Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle, kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al-Azhar Desa Hulawa Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif dan Puzzle
Download berkas