Penulis / NIM
ZURIATY YUSUF / 153413076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Zuriaty Yusuf. 2015. Meningkatkan Kemampuan motorik kasar Melalui permainan lompat tali di TK Kelompok B Al-Hikmah Desa Suka Damai Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui permainan lompat tali di TK Kelompok B Al-Hikmah Desa Suka Damai Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat tali di TK Kelompok B Al-Hikmah Desa Suka Damai Kabupaten Bone Bolango. yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Pembelajaran menggunakan permainan lompat tali dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan rincian sebagai berikut: Pada kondisi awal anak hanya 4 atau 20% yang mampu, pada siklus I pertemuan 1 menjadi 7 anak atau 35% dan pertemuan 2 meningkat menjadi rata-rata 11 orang anak atau 55% dan pada tindakan siklus II pertemuan 1 menjadi 13 anak atau 65% dan pertemuan 2 meningkat menjadi rata-rata 15 anak atau 75%. Ini menunjukan bahwa hasil yang diharapkan telah memenuhi target keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan lompat tali dalam pembelajaran, kemampuan motorik kasar anak di TK Kelompok B Al-Hikmah Desa Suka Damai Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Motorik kasar, Permainan, Lompat tali
Download berkas