Penulis / NIM
ERAWATI BUHANG / 153413078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Erawati Buhang. 2015. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak melalui Permainan tradisional galasin di TK Flamboyan Bohabak 3 Kecamatan Bolangitang Timur. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd
Rumusan permasalahan yang dibahas dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dirumuskan sebagai berikut: "Apakah Permainan tradisional galasin dapat meningkatkan kemampuan sosial anak di TK Flamboyan Bohabak 3 Kecamatan Bolangitang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan sosial anak melalui permainan tradisional galasin di TK Flamboyan Bohabak 3 Kecamatan Bolangitang Timur. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran dengan menggunakan Permainan tradisional galasin dapat meningkatkan Kemampuan sosial anak dengan aspek kemampuan berinteraksi, menaati peraturan permainan dan menujukkan rasa percaya diri. Kegiatan permainan galasin telah memberi pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak, pada siklus 1 terdapat 10 anak atau 56 % yang mampu, sedangkan rata-rata anak yang belum mampu sebanyak 8 anak atau 44 %. Pada Siklus 2 meningkat menjadi 15 anak atau 83 % yang mampu, sedangkan rata-rata anak yang belum mampu sebanyak 3 anak (17%).
Kata Kunci: Kemampuan Sosial, Permainan Galasin
Download berkas