Penulis / NIM
NUR FADHILAH / 153413080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
NUR FADHILAH. 2016. Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui
Metode Pembiasaan Di Play Group PPIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto.
Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2016. Dr. Ruslin Badu, M.Pd sebagai
pembimbing I dan Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sopan santun anak
melalui metode pembiasaan Play Group di PPIT Lukmanul Hakim. Metode yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Yang terdiri dalam empat tahap yaitu, Tahap persiapan, tahap
pelaksanakan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan
refleksi.
Dari hasil persentase rata - rata diperoleh peningkatan dari jumlah 22 anak pada
observasi awal kemampuan perilaku sopan santun anak 5 anak (23%) meningkat
pada siklus l menjadi 10 anak (45%) . Pada siklus 1 terjadi peningkatan terjadi
disebabkan dengan adanya praktek langsung, melibatkan anak secara langsung,
termotivasi oleh media yang disediakan guru dan lingkungan yang kondusif.
Pada siklus ll diperoleh peningkatan rata - rata meningkat dari observasi awal 5
anak (23%) meningkat menjadi 18 anak (82 %) pada siklus ll. Peningkatan ini
pula terjadi dengan adanya pembiasaan pada anak, melibatkan anak secara
langsung, memilih media yang lebih menarik minat anak, lebih memfokuskan
perhatian anak dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dan
memberi pujian kepada anak yang melakukan suatu kebaikan.
Kata kunci : Sopan Santun, Pembiasaan
ABSTRACT
NUR FADHILAH. 2016. Increasing Politeness of children through Habitual
Metrod at Play Group PPIT Lukmanul Hakim, Limboto Subdistrict. Skripsi,
Bachelor Study Program of Early Childhood Education. Faculty of Education.
State University of Gorontalo, 2016. The principal supervisor was Dr. Ruslin
Badu, M.Pd and Co - supervisor was Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
This research aimed at increasing the politeness of children through habitual
method at Play Group PPIT Lukmanul Hakim. This Research applied Classroom
Action Research that was conducted in two cycles. It was divided into four
stages namely planning, implementations, observations and evalutions, analysis
and reflections.
The research result showed that the average percentage of children politeness can
be observed as follows: in initial observation, there were 5 out of 22 children
(23%) increased to 10 children (45%). The increasing in cycle l happened due to
the children practiced directly, teacher involved children directly and motivated
them with the media that had been prepared and environment which is
conducive. However, in cycle ll, the result increased to 18 children (82%). This
increase also happened due to children habituation, children's direct
involvement, the interesting learning media that can attract children's attention,
and fun learning condition. Also, it can be happened because of teacher gives
award to the children when they do kindness.
Keywords: Politeness, Habitual
Download berkas