Penulis / NIM
YEYEN PAPUTUNGAN / 153414002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Yeyen Paputungan. 2018. Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK Permata Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Yakob Napu, M.Pd. Pembimbing II: Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Permata Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Permata Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-experimental designs. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes lisan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest 14,67 dan nilai rata-rata posttest 27,19. Pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik non parametrik dalam hal ini yaitu uji Wilcoxon yang merupakan suatu pengujian yang digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata data hasil Pretest dan data hasil Posttest. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka nilai pretest pada kolom signifikan adalah 0.000 dan posttest adalah 0.024. Berdasarkan output Test Statistics, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 dan nilai Z adalah -4.552.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Permata Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Media Gambar Seri, Kemampuan Berbicara
Download berkas