Penulis / NIM
IZMI WAHYUNI ENTENGO / 153414005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Izmi Wahyuni Entengo, 2018. Hubungan Antara Mewarnai Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Dr. Abd Hamid Isa, M.Pd. (II) Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 1 (satu) kelas dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman observasi. Teknik analisis data yaitu digunakan untuk uji validitas yaitu korelasi product moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Damhil DWP UNG dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,983. Sedangkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung 5,292 >1,70 atau dengan kata lain thitung > ttabel maka Ho ditolak atau Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungam positif antara mewarnai dengan perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata kunci: mewarnai, perkembangan motorik halus anak.
Download berkas