SKRIPSI

Penulis / NIM
NATRIA DUNGGIO / 153414006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK Natria Dunggio, 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Madani Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Madani Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Madani Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu Kepala Sekolah, guru-guru dan Orang Tua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Madani Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo terdiri dari faktor internal dan faktor eskternal. Adapun faktor internal adalah berasal dari dalam diri setiap individu, diantaranya : potensi anak, kondisi fisik, semangat belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan luar diri anak, diantaranya: pengalaman teman sebaya, kesehatan, lingkungan. Faktor yang dominan mempengaruhi perkembangan motorik halus anak adalah faktor lingkungan seperti media pembelajaran yang guru berikan tidak menarik, fasilitas yang guru persiapkan terbatas pada saat melakukan kegiatan motorik halus, sehingga perekembangan motorik halus anak tidak berkembang dengan baik. Dilihat pada saat melakukan kegaiatan motorik halus seperti menggambar, mewarnai, meronce, menggunting masih ada beberapa anak yang belum berkembang melakukan kegiatan tersebut, dari 24 anak terdapat 8 anak atau 33,33 % yang belum berkembang dalam melakukan kegiatan tersebut. Kata kunci : Perkembangan motorik halus anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011