Penulis / NIM
SINTIA BADU / 153414007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Badu. 2018. Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Dr. Abd Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Bagaimana peran orang tua dalam pembentukan kemandirian anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembentukan kemandirian anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua murid di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian peran orang tua dalam pembentukan kemandirian anak sudah mulai optimal, dimana orang tua telah mampu mengajarkan atau membimbing anaknya untuk mandiri di rumah maupun disekolah dan memberikan dorongan agar mengerjakan sesuatu dengan sendiri tanpa bantuan orang tua maupun orang lain. Hal ini tidak lepas dari peran orang tua yang memberikan perannya dengan sangat baik dalam membimbing dan mengajarkan anak agar mandiri.
Kata kunci : Peran Orang Tua, kemandirian Anak
Download berkas