Penulis / NIM
DESSY MARCELINA MOODUTO / 153414008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Mooduto, Dessy Marcelina. 2018. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosakata Anak di Kelompok B TK Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosakata Anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini adalah kelas B berjumlah 24 orang anak. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 10,42 dan nilai rata-rata post-test 22,58. Pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik dengan metode Wilcoxon yang merupakan pengujian yang digunakan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan yang berpasangan dari dua data apakah berbeda atau tidak. Berdasarkan output statistik, diketahui Assymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,00 sehingga hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan kosakata anak di Kelompok B TK Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Kosakata
Download berkas