Penulis / NIM
FITRI HIANGO / 153414010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Hiango. 2018...." Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flora dan Fauna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo
Skripsi. S1 Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Ibu Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flora dan Fauna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dari Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flora dan Fauna Terhadap Kemampuan Kognitif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes performance.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretes atau sebelum diberikan perlakuan adalah 21.00 dan nilai rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan adalah 36.85.pengujian hipotesis dengan menggunakan statistika non parametric dalam hal ini yaitu uji Wilcoxon yaitu, jika nilai Asymp.sig.< 0,05, maka H1 diterima dan jika nilai Asymp.sig.> 0,05, maka H1 ditolak dan berdasarkan output tes statistic, diketahui Asymp.sig.n(2-tailed) bernilai 0,000. Oleh karena nilai 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis flora dan fauna terhadap kemampuan anak kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif berbasis Flora dan Fauna, Kemampuan Kognitif
Download berkas