Penulis / NIM
LIMRIATI USMAN / 153414012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Limriati Usman. 2018. Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Objek penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dan kecerdasan interpersonal anak. Data tentang pola asuh orang tua dikumpulkan melalui angket. Sedangkan data tentang kecerdasan interpersonal anak dikumpulkan melalui observasi menggunakan tabel penilaian ceklis. Hasil persentase secara keseluruhan dari pola asuh orang tua yang diterapkan pada anak di kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo, 36% atau 12 dari jumlah responden menerapkan cara otoriter, 32% atau 9 dari jumlah responden menerapkan cara permisif, dan 32% atau 9 dari jumlah reponden menerapkan cara demokratis. Kemampuan kecerdasan interpersonal anak di kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo, terdapat 24% atau 7 anak yang belum berkembang interpersonalnya, 30% atau 9 anak yang baru mulai berkembang, 25% atau 8 anak yang berkembang sesuai harapan, sedangkan terdapat 21% atau 6 anak yang kecerdasan interpersonalnya berkembang sangat baik.
Kata kunci: Pola Asuh, Kecerdasan Interpersonal
Download berkas