Penulis / NIM
NURINDA I. SUHARDI / 153414015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Nurinda I. Suhardi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Ibu Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, dan Pembimbing II Ibu Samsiah S.Pd M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiric tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif one group pre-test and post-test. Sampel penelitian ini adalah kelas B3 berjumlah 20 anak, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian tes performance. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 28,55 dan nilai rata-rata post-test 47,30 yang menunjukkan adanya peningkatan sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sampel Test yang merupakan suatu pengujian untuk membandingkan skor "sebelum dan "sesudah percobaan untuk menentukan apakah perubahan nyata telah terjadi. Berdasarkan output statistic, diketahui Assymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari taraf signifikan 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap perilaku disiplin pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together (NHT), Perilaku Disiplin.
Download berkas