Penulis / NIM
LUSIANA M. BOBIHU / 153414021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Lusiana M. Bobihu, 2018. Analisis Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Pada Kegiatan Bermain Balok Di Kelompok Bermain Al-Hidayah Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Ummysalam A.T.A Duludu M.Pd, dan Pembimbing II Dr.Setiyo Utoyo M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Analisis Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Pada Kegiatan Bermain Balok Di Kelompok Bermain Al-hidayah Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui kemampuan anak mengenal bentuk geometri pada kegiatan bermain balok di kelompok bermain. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian analisis kemampuan anak mengenal bentuk pada kegiatan bermain balok di kelompok bermain Al-Hidayah Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato yaitu : a) mengenal bentuk lingkaran melalui bermain balok dari 9 orang anak semua sudah mampu mengenal bentuk lingkaran, b) mengenal bentuk segi tiga melalui bermain balok dari jumlah 9 orang yang sudah mampu berjumlah 8 orang anak, dan yang tidak mampu berjumlah 1 orang anak, c) mengenal bentuk segi empat melalui bermain balok yang sudah mampu berjumlah 6 orang anak, yang kurang mampu berjumlah 2 orang anak dan yang tidak mampu berjumlah 1 orang anak, d) mengenal bentuk persegi panjang melalui bermain balok yang sudah mampu berjumlah 6 orang anak, yang kurang mampu berjumlah 2 orang anak dan yang tidak mampu berjumlah 1 orang anak, sehingganya kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui bermain balok berjalan secara optimal.
Kata kunci : Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri, Bermain Balok
Download berkas