Penulis / NIM
ISRA RAHMOLA / 153414022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Isra Rahmola, 2018.Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Percaya Diri Anak Kelompok B Di Tk Permata Desa Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah Metode Bermain Peran Makro Berpengaruh Terhadap Percaya Diri Anak Di Kelompok B Tk Permata Desa Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh metode bermain peran makro terhadap percaya diri anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat perbedaan antara percaya diri anak sebelum menggunakan metode bermain peran makro dan sesudahnya, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum menggunakan metode bermain peran makro adalah 23,23 sedangkan nilai rata-rata percaya diri anak sesudah menggunakan metode bermain peran makro adalah 29,47. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan.Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan dengan nilai t hitung = -9,17 sedangkan nilai ttabel pada ' = 0,05 yakni sebesar 1,697. Jadi thitung ttabel -9,17 1,697 atau p-value > alpha 3,84 > 0.05 dengan kata lain thitung> t tabel maka H0 ditolak atau Ha diterimaartinya ada Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Pecaya Diri Anak Di Kelompok B TK Permata Desa Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango .
Kata Kunci : Percaya Diri, Metode Bermain Peran Makro
Download berkas