Penulis / NIM
ZURIATI MOOLELEPO / 153414023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Zuriati Moolelepo. 2018. Peran Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Bahan Alam Kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan Posigadan kabupaten Bolaangmongondow Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Peran guru dalam pembelajaran, yakni sebagai pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, sehingga memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Tujuannya untuk mendeskripsikan peran guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis alam Kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan posigadan kabupaten Bolaangmongondow Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dikemukakan oleh Bogdan dan Gubah dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru di TK Kasih Ibu desa Sakti. Selanjutnya teknik pengumpulan data, yakni diawali dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang berhubungan dengan peran guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis bahan alam kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan Posigadan, kabupaten Bolaangmongondow Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pembelajaran media berbasis alam di TK Kasih Ibu belum dilaksanakan dengan cukup baik. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah peran guru yaitu pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran demi meningkatkan penggunaan media pembelajaran berbasis bahan alam.
Kata kunci: Peran Guru, menanfaatkan media berbasis bahan alam di TK.
Download berkas