Penulis / NIM
SRI MEYLIAN S. ABAS / 153414029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Sri Meylian S. Abas. 2018. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Mengenal Huruf pada anak Kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing 1 Dr.Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing anak mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian peran orang tua dalam membimbing anak mengenal huruf sudah optimal. dimana orang tua telah mampu membimbing anak mengenal huruf dengan menggunakan media poster huruf, membimbing anak mengenal huruf pada nama panggilan anak, memberikan hadiah pada anak, mau menyediakan media dirumah seperti media poster huruf, media buku bergambar, memberikan latihan belajar mengenal huruf dengan menggunakan media poster, memberikan waktu khusus belajar pada sore hari dan malam hari . hal ini tidak lepas dari peran orang tua yang memberikan perannya dengan sangat baik dalam membimbing anak mengenal huruf.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Mengenal Huruf
Download berkas